Pages

Rabu, 09 Maret 2016

Perhatikan Langkah Pencegahan Penyakit Demam Berdarah

Saat ini musim hujan telah datang dimana saat saat ini merupakan rawan akan berjangkitnya penyakit yang mematikan yaitu Demam Berdarah Dengue atau sering disebut DBD. Sekarang ini meungkin dibeberapa daerah diseluruh indonesia sedang banyak pasien DBD yang dirawat dirumah sakit, sampai-sampai pihak rumah sakit kuwalahan dalam menyiapkan ruangab karena penuh oleh penderita demam yang diakibatkan nyamuk Aedes aegypti ini.


Tentu saja kita harus menjaga agar keluarga dari kita bisa terhindar dari wabah penyakit demam berdarah yang sedang melanda ini , Seperti pepatah mengatakan “Mencegah lebih baik daripada mengobati”, Untuk mencegah terserang penyakit DBD, ada beberapa tips seperti yang telah disampaikan oleh Kemenkes yakni dengan cara 3M. Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan  3M , berikut perlu diperhatikan beberapa hal lain dalam mengurangi penyebaran nyamuk Aedes aegypti tersebut:
1. Menguras : Menguras tempat penampungan air bersih yang berada didalam rumah maupun sekitar rumah, dan sebaiknya dilakukan secara berkala dikuras minimal 1 minggu sekali.Hal Ini dimaksudkan untuk mencegah telur dan larva nyamuk berkembang menjadi nyamuk dewasa.
2. Menutup: Sebaiknya tempat wadah air ditutup rapat, hal ini untuk menghindari bertelurnya nyamuk Aedes aegypti dan berkembang biak di dalamnya.
3. Mengubur: Sebaiknya semua barang bekas disekitar kita dan yang berpotensi menjadi tempat air hujan tertampung harus kita kubur ,Karena ini akan digunakan oleh nyamuk untuk berkembang biak, cara ini cukup efektif untuk cegah nyamuk DBD.
Selain itu dapat juga dilakukan dengan menabur bubuk larvasida atau bubuk pembunuh larva di beberapa tempat yang berisi air tergenang juga apalagi apabila rumah kita berada dekat dengan rawa atau parit yang airnya menggenang .
Cara yang cukup mudah bisa dilakukan dengan menggunakan obat pembasmi serangga sebelum tidur, untuk membunuh nyamuk dewasa yang ada dalam rumah.Apabila tidak suka dengan aroma obat nyamuk, penggunaan kelambu di tempat tidur juga disarankan .
Dalam penataan rumah , ventilasi cahaya di rumah diatur sedemikian rupa lancar , karena nyamuk suka dengan tempat yang gelap untuk bersembunyi. Cara yang lain bisa dengan menabur bibit ikan di rawa, atau parit maupun bak air yang sulit dikuras setiap pekan.
Selain itu mungkin hal ini sering tidak terpikirkan oleh kita dimana menggantung banyak baju bekas pakai di rumah akan menjadikan tempat favorit nyamuk penyebar DBD. Dan yang paling penting kita harus bisa menjaga kebutuhan makanan yang bergizi agar kondisi tubuh Anda selalu vit dan tahan terhadap serangan virus penyakit di musim hujan gunakan Hit Obat Nyamuk.

Bunda Neva

Bunda Sobat sedang membaca artikel tentang Perhatikan Langkah Pencegahan Penyakit Demam Berdarah. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::